Rkoffy

5 Kelebihan Genteng Metal Pasir Untuk Bangunan Rumah Anda

genteng metal pasir

Genteng metal pasir adalah salah satu jenis genteng yang bisa dengan mudah ditemui di pasaran Indonesia. Dinamakan genteng metal pasir karena di permukaannya terdapat lapisan butiran kasir sehingga tampak kasar. Ya, bahan utama dari genteng ini memang logam, yaitu campuran dari zincalume atau zinc phosphate. Kemudian, genteng tersebut dilapisi dengan pasir dan coraltex dengan tekstur yang halus, namun terasa kasar saat disentuh.

Tujuan utama penggunaan lapisan pasir pada genteng ini memang untuk menambah estetika. Namun selain itu, lapisan  pasir juga membuat genteng lebih tebal serta lebih kuat. Nah, apakah Anda tertarik menggunakan genteng ini? Jika iya, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakannya.

Ringan

Bangunan yang berukuran cenderung kecil seperti rumah memang sebaiknya tidak menggunakan genteng yang terlalu berat. Penggunaan genteng yang berat akan membuat struktur bangunan cepat rapuh dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasinya, gunakanlah genteng dengan bobok ringan seperti genteng metal pasir. Selain itu, genteng ringan juga membuat proses pemasangan lebih mudah.

Tahan Korosi

Kelebihan lainnya dari genteng metal pasir adalah tahan korosi. Kombinasi material yang digunakan untuk membentuk genteng ini memang tahan terhadap karat walaupun berjenis metal. Bahkan, cuaca ekstrim sekalipun tidak akan membuat genteng ini berkarat atau rusak. Dengan kata lain, Anda tidak harus repot-repot melakukan perawatan yang sulit jika menggunakan genteng metal pasir.

Peredam Suara Yang Baik

Kebanyakan genteng berbahan dasar metal cenderung berisik saat hujan tiba. Hal ini berbeda dengan genteng metal pasir yang merupakan peredam suara yang baik dan efektif. Hal ini karena lapisan pasir di atasnya yang mampu menyerap suara sehingga tidak berisik di dalam rumah. Selain itu, bahan lainnya juga tidak terlalu bertekstur keras untuk mampu meredam suara lebih baik lagi.

Tidak Mudah Terbakar 

Genteng metal pasir adalah salah satu bahan bangunan yang aman digunakan karena tidak mudah terbakar. Melalui beberapa kali percobaan, genteng jenis ini terbukti tahan api. Hal ini sangat baik untuk menghindari resiko kebakaran. Apabila ada petir yang menyambar-nyambar di daerah rumah Anda, Anda juga tidak perlu khawatir petir tersebut akan membakar atau merusakkan genteng Anda.

Unik dan Cantik

Genteng metal pasir memang bukanlah suatu ide yang baru. Akan tetapi popularitasnya memang meningkat akhir-akhir ini karena tampilannya yang berbeda dengan genteng lainnya. Jika genteng metal lain menampilkan permukaan yang mengkilap atau glossy, maka genteng metal pasir ini cenderung matte. Tentu, tampilan yang berbeda ini akan membuat tampilan rumah Anda semakin unik dan cantik. Apalagi, genteng jenis ini juga sudah tersedia dengan berbagai warna. Pilih salah satu warna yang sesuai dengan desain eksterior rumah Anda.

5 Kelebihan Genteng Metal Pasir Untuk Bangunan Rumah Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top